Senin, 21 April 2014

softskill bahasa indonesia 2



ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN TINGKAT PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA  TOKO BOLU RASA MAS IPIN

BAB I
PENDAHULUAN


Latar Belakang Masalah
Seiring berkembangnya jaman pada saat ini terutama pada bidang usaha banyak disebabkan adanya ide kratif dan inovatif. Dengan adanya ide tersebut konsep pemasaranpun ikut berkembang. Kegiatan pemasaran sekarang sudah mulai difokuskan pada pemuasan kebutuhan konsumen. Pada umumnya setiap usaha bertujuan untuk mencari keuntungan, tujuan tersebut tidak terlepas dari kegiatan pemasaran. Pemasaran itu sendiri sudah harus dipikirkan jauh hari sebelumnya, agar lebih tepat pada sasaran konsumen. Karena konsumen yang potensial akan mempertimbangkan berbagai faktor, diantaranya faktor kualitas produk, kepuasan konsumen dan fasilitas yang ada sebelum memilih tempat yang dapat memberikan kepuasan tertinggi terhadap konsumen. Keberhasilan suatu usaha umumnya ditentukan oleh kemampuan manajemen dalam melakukan fungsi pengendalian dan perencanaan suatu produk usaha tersebut.
Pada jaman modern seperti ini, dimana semua individu sangat disibukan dengan kegiatan pekerjaan yang padat dan masyarakat itu sendiri cenderung memiliki gaya hidup yang praktis dan cepat. Keadaan seperti inilah sebaiknya manajemen sebuah usaha harus tanggap dan mengerti kebutuhan masyarakat pada saat ini. Usaha yang sedang digemari diantaranya usaha kuliner. Usaha kuliner banyak dipilh oleh para wirausahawan karena masyarakat dijaman modern saat ini menyukai hal-hal yang praktis dan cepat. Maka dari itu usaha makanan sangat menjamur dimana-mana dan menuntut pengusaha untuk lebih giat memasarkan produk yang mereka jual dalam rangka memperebutkan konsumen yang semakin hari persaingannya semakin kuat. Tidak hanya memasarkan produk tapi para pengusaha makananpun harus memberikan kepuasan terhadap konsumen yang membeli produk tersebut salah satunya dengan pelayanannya, tempat, harga dan rasa. .Kepuasan konsumen merupakan salah satu kunci keberhasilan suatu usaha, hal ini dikarenakan dengan memuaskan konsumen, suatu usaha tersebut dapat meningkatkan tingkat keuntungannya dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas.

Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian permasalahan diatas, penulis mencoba untuk merumuskan masalah sebagai berikut:
1.      Apakah kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Toko Bolu Rasa Mas Ipin?
2.      Apakah tingkat pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Toko Bolu Rasa Mas Ipin?
Batasan Masalah
Dalam melakukan penelitian, dilakukan pembatasan-pembatasan sebagai berikut:
a.       Objek dalam penelitian ini adalah Toko Bolu Rasa Mas Ipin.
b.      Harga yang ditawarkan pada Toko Bolu Rasa Mas Ipin sangat terjangkau dikalangan masyarakat bawah menengah keatas.
c.       Rasa-rasa yang ditawarkan oleh Toko Bolu Rasa Mas Ipin adalah rasa-rasa yang banyak disukai oleh masyarakat penyuka bolu rasa pada umumnya seperti coklat, strobbery, nanas dan bluberry. Tidak hanya rasa-rasa yang ditawarkan di toko tersebut terdapat juga berbagai macam jenis kue lainnya seperti bolu gulung, bolu lapis surabaya, bolu tape, brownis dan kue ulang tahun.
d.      Konsumen yang dilibatkan dalam penelitian adalah konsumen yang berdomisili diwilayah Perumahan Pejuang Jaya Bekasi.
e.       Pembahasan lebih ditekankan pada kualitas produk dan tingkat pelayanan terhadap kepuasan konsumen.
Tujuan Penelitian
Berdasarkan perumusan masalah yang telah disebutkan diatas, maka tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah:
1.      Untuk menganalisis kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada Toko Bolu Rasa Mas Ipin.
2.      Untuk menganalisis tingkat pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Toko Bolu Rasa Mas Ipin.
Manfaat Penelitian
Dengan penulisan ilmiah ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada pihak, yaitu :
1.      Bagi penulis atau akademis:
Dengan adanya penelitian ini diharapkan akan menambah ilmu, wawasan dan pengalaman yang sangat berguna dimasa yang akan dating, khususnya didalam dunia wirausaha dalam bidang kuliner.
2.      Bagi usaha atau praktisi :
Sebagai masukan atau informasi yang berguna bagi usaha untuk melakukan dan meningkatkan pemasaran produknya.
Objek Penelitian
Yang menjadi objek penulisan ilmiah ini adalah Toko Bolu Rasa Mas Ipin yang terletak di Perumahan Pejuang Jaya di Jalan Perintis 3 no 358 Bekasi Barat.

BAB II
LANDASAN TEORI

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa hasil kuesioner yang disebarkan kepada para pengunjung Toko Bolu Rasa Mas Ipin. Kuesioner tersebut dibagi kedalam empat dimensi yaitu:
1.      Tangibles, bukti fisik yaitu kemampuan perusahaan dalam menunjukan kepada pihak eksternal. Maksudnya adalah penampilan dan kemampuan sarana dan prasarana fisik dan keadaan lingkungan sekitarnya adalah bukti nyata pelayanan yang diberikan.
2.      Reliability, kehandalan perusahaan untuk memberikan pelayanan sesuai yang dijanjikan secara akurat dan terpercaya.
3.      Responsiveness, ketanggapan untuk membantu dan memberikan pelayanan yang cepat dan tepat kepada pelanggan dengan penyampaian informasi yang jelas.
4.      Empathy, memberikan perhatian yang tulus dan individual yang diberikan kepada para pelanggan dengan berupaya memahami keinginan pelanggan.


BAB III
METODE PENELITIAN

Metode Pengumpulan Data
Dalam penelitian ini, penulis akan mengumpulkan data dengan cara:
·         Wawancara
Dalam penelitian ini penulis akan mengadakan wawancra langsung dengan pihak pengusaha toko bolu tersebut agar mendapatkan informasi atau sumber-sumber yang dapat dipercaya.
·         Observasi
Penulis mengadakan pengamatan langsung terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan.
·         Kuesioner
Penulis megajukan serangkaian pertanyaan pada responden untuk member jawaban.
·         Studi Pustaka
Penulis mengumpulkan data dari kumpulan catatan penulis serta buku-buku dan internet yang berkaitan dengan pemasaran.
Alat Analisis Yang Digunakan
·         Skala Likert
Skala yang umum digunakan dalam kuesioner dan merupakan skala yang paling banyak digunakan dalam penelitian berupa survey dengan mengukur setiap presepsi seseorang, fenomenal social jawaban tersebut dapat dinilai (skor).
·         Analisis Validitas
Tingkat atau derajat yang digunakan sebagai bukti untuk mendukung kesimpulan yang ditarik dari nilai yang diturunkan dari ukuran atau tingkat dimana skala mengukur sesuatu yang seharusnya diukur.
·         Analisis Reliabilitas
Pengukuran bebas dari varian kesalahan dalam memperkirakan kehandalan dari variable yang diteliti peneliti.
·         Uji Chi Square
Pengujian hipotesis tentang perbandingan antara frekuensi sample yang benar-benar terjadi disebut frekuensi observasi (fo) dengan frekuensi harapan (fe) yang didasari pada setiap kasus tertentu. Dengan rumus :
X² = S(Fo-Fe)²
Keterangan :
X² = Chi Square hitung
Dengan tingkat signifikan a = 5% = 0,05
Untuk mencari Fe digunakan rumus : Fe = Pr x Pc x n
Dimana :
Pr = Proposi Baris Total Baris
Pc = Proposi Kolom
N = Jumlah Data
kurva chi square.JPG
Gambar Kurva Chi Square

·         Analisis Data
Penulis melakukan pengumpulan data dengan cara instrument kuesioner. Dalam hal ini penulis menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data primer dalam bentuk pertanyaan terbuka, yaitu pertanyaan yang member kebebasan kepada responden untuk member jawaban. Sebuah pertanyaan hanya bias diberikan diantar pilihan yang sudah terjadi sedangkan pengukuran data yang dilakukan oleh penulis yaitu mengumpulkan skala likert dengan kriteria skor sebagai berikut :
1.      Sangat Puas (SP)
2.      Puas (P)
3.      Cukup Puas (CP)
4.      Tidak Puas (TP)
5.      Sangat Tidak Puas (STP)