BAB I PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Bebek kaleyo merupakan salah satu kuliner yang di kenal luas oleh
masyarakat jabodetabek dan mereka merupakan salah satu restoran bebek yang
paling ramai di indonesia, selain itu mereka telah membuka banyak cabang di di
jabodetabek. berikut adalah cabang-cabang dari pada bebek kaleyo yang tersebar
di daerah jabodetabek.
1. CEMPAKA PUTIH ( TENDA ) Jl. Cempaka Putih Raya 108 -
Jakpus
2.
RAWAMANGUN. jl pemuda,no.290
3.
SUNTER. jl sunter utara blok f 20,no.27-28
4.
BUARAN. jl.raden inten,no 3b-buaran-duren sawit
5.
B S D. jl.rawa buntu no 17 bsd serpong
6.
TEBET. Jl.KH.syafei (lapangan roos), n0.49-tebet
7.
HARAPAN INDAH. Kawasan kuliner meli-melo harapan indah bekasi
8.
CEMPAKA PUTIH (AC). Jl.cepaka putih raya 112-cepaka putih
jakpus
9.
JATIWARINGIN. Jl jati waringin (depan bank DKI)
10.
BINTARO. Jl.kompleks bangk niaga sektor 7-taman kota-bintaro
11.
KALIMALANG. Kompleks Ruko Duta Permai Blok B1/7-8 Jl. Raya
Kalimalang-Bekasi.
Restoran bebek kaleyo beroprasi sekitar 12 jam dari jam 11.00-23.00 wib
kecuali di bebek kaleyo 1 cempaka putih yang beoprasi dari jam 18.00-24.00.
seluruh gerai bebek kaleyo buka pada hari senin-sabtu untuk hari minggu libur.
Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang perilaku konsumen
penjualan bebek kaleyo kalimalang yang merupakan cabang ke 11
letaknya di dekat kampus kami yang beralamatkan Kompleks Ruko Duta Permai Blok
B1/7-8 Jl. Raya Kalimalang-Bekasi. Samping Superindo Kalimalang.Yang baru di
resmikan pada hari sabtu tanggal 25-mei-2013.
Kaleyo sendiri merupakan kependekan bahasa Jawa, "kalih" yang
artinya dua dan "ayo" yang berarti ajakan.seperti yang mereka
konfirmasikan pada kami bahwa dengan nama itu mereka Mengajak pelanggan untuk
tidak hanya membeli satu namun dua. Tidak hanya datang sekali namun dua kali.
Dan itu terbukti ampuh banyak pelanggan yg merasa tidak puas datang dua kali. Mereka datang
berkali-kali... belasan kali... puluhan kali... bahkan ada yg ratusan kali.
1.2 RUMUSAN MASAALAH
1.
Bagaimana cara mereka menarik pelangggan?
2.
seperti apa karakteristik demografi para pelanggan bebek kaleyo?
3.
bagaimana para pelanggan bisa memilih makan di bebek kaleyo dari pada
makan di tempat lain?
1.3 TUJUN PEMBAHASAN
1.
Menyelesaikan tugas yang di berikan dosen
2.
Mempelajari perilaku konsumen
BAB II PEMBAHASAN
2.I. PEMASARAN BEBEK KALEYO
1. Promosi
Dalam menjalankan
usahanya,promosi yang dilakukan oleh bebek kaleyo adalah dengan cara pemasangan
papan nama restoran,pemasangan iklan di internet,pemasaran melalui web pribadi
mereka,serta melakukan pemasangan iklan di majalah kuliner setempat dl.
2. Tempat
Tempat berarti kegiatan
yang dilakukan oleh perusahaan sehingga lokasi objek mudah di jangkau dan
strategis untuk pengembangan usaha. oleh karena itu pihak bebek kaleyo
menyebarkan cabang-cabang mereka di tempat yang sangat strategis di jabodetabek
ini untuk memudahkan para pelanggan setianya untuk berkunjung dan menikmati
hidangan yang mereka sediakan.
3. Produk
Pruduk sebagai alat bauran
pemasaran yang paling mendasar merupakan penawaran berujud kepada konsumen yang
mencakup kualitas denngan segala atributnya.perusahaan yang bergerak di bidang
kulliner harus senantiasa memperhatikan atribut cita rasa khususnya rasa
makanan ukuran atau porsi makanan.bebek kalyo memiliki berbagai varian produk
olahan seperti:bebek goreng,bebek bakar,bebek cabe ijo,dll.
4. Harga
Harga bagi konsumen
merupakan salah satu faktor yang yang mempengaruhi dalam menentukan pilihan
produk yang akan di beli.harga berarti jumlah uang yang dibayarkan konsumen
pada produsen.oleh karna itu pihak bebek kaleyo memberikan harga yang setandard
karna pihak bebek kaleyo lebih menitik beratkan kepada konsumen untuk golongan
menengah kebawah.
Berikut adalah menu lengakap dan harga yang di tawarkan oleh bebek kaleyo :
1.
Paket hemat lengkap.
Nasi putih+bebek
goreng/cabe ijo+kremesan=lalap+sambal+es teh. Rp 19.900
2. Bebek goreng
Bebek yang di goreng dan
di taburi
keremesan.
bebek
kampung:
1 ekor. Rp 74.000
¼ ekor. Rp
18.500
Bebek
peking:
¼ ekor. Rp 20.00
Bebek muda:
½ ekor. Rp 19.500
3. Bebek cabe ijo
Bebek goreng yang di
lumuri bumbu istimewa cabai hijau sensasi pedas.
bebek
kampung:
1 ekor. Rp 74.000
¼ ekor. Rp
18.500
Bebek
peking:
¼ ekor. Rp 20.00
Bebek muda:
½ ekor. Rp 19.500
4. Bebek bakar
Bebek di bakar dengan
areng batok kelapa di bumbui gaya jawa dengan rasa cendrung manis
gurih.
bebek
kampung:
1 ekor. Rp 74.000
¼ ekor. Rp
18.500
Bebek
peking:
¼ ekor. Rp 20.00
Bebek muda:
½ ekor. Rp 19.500
5.
Bebek muda
Serat daging lebih lembut
kulit lebih tipis. Rp 19.500
6.
Bebek rica
Bebek goreng yang di
sertai oleh rica-rica pilihan. Rp 19.500
2.2. Karakteristik Konsumen
Berdasarkan hasil penelitian kepada 50 konsumen, karakteristik umum
konsumen yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu karakteristik demografi yang
dianalisis meliputi jenis kelamin, usia konsumen, status pernikahan,
pendidikan, pekerjaan, serta tingkat pengeluaran per bulan.
1. Jenis Kelamin
Berdasarkan jenis kelamin. konsumen
yang lebih sering berkunjung antara konsumen laki-laki dan perempuan di
Restoran Bebek
Kaleyo cendrung konsumen perempuan yang lebih sering berkunjung,
seperti yang terlihat pada Tabel 7.Karakteristik ini dapat dilihat pula selisih yang tidak
terlalu besar antara konsumen laki-laki dan perempuan yang berkunjung ke
Restoran bebek Kaleyo.
Tabel 7. Sebaran Jumlah
dan Presentase Konsumen Berdasarkan Jenis Kelamin.
No.
|
Jenis Kelamin
|
Jumlah
|
Presentase (%)
|
1.
|
Laki-laki
|
18
|
36
|
2.
|
perempuan
|
32
|
64
|
jumlah
|
50
|
100
|
2. Usia Konsumen
Karakteristik
konsumen Restoran Bebek Kaleyo berdasarkan
kelompok usia pada hasil penelitian, konsumen yang berkunjung pada usia antara
17 – 23 tahun sebagai konsumen tertinggi dengan jumlah 25 konsumen, dapat
dilihat pada Tabel 8.
Tabel 8. Sebaran Jumlah
dan Presentase Konsumen Berdasarkan Kelompok Umur.
No
|
Umur (Tahun)
|
Jumlah
|
Presentase (%)
|
1.
|
10 –
16
|
11
|
22
|
2.
|
17 – 23
|
25
|
50
|
3.
|
24 –
30
|
9
|
18
|
4.
|
33 – 37
|
5
|
10
|
Jumlah
|
50
|
100
|
Umur
konsumen diklasifikasikan menjadi empat kelompok
umur, yaitu umur 10 hingga 16 tahun, 17 hingga 23 tahun, 24 hingga 30 tahun, 31
hingga 37 tahun. Pada Tabel 8 Terlihat
bahwa sebagian besar konsumen berumur 17 – 23 tahun yaitu sebanyak 25 orang,
dapat disimpulkan bahwa konsumen berumur muda yang aktif cenderung lebih senang
menghabiskan waktu untuk menyantap makanan yang tersedia di Restoran Bebek
kaleyo.
3. Status Pernikahan
Berdasarkan
hasil penelitian dapat diketahui bahwa pengunjung pada Restoran Bebek Kaleyo berdasarkan
status pernikahannya sebesar 64% dari total 50 konsumen yang mengisi
kuesioner berstatus belum menikah. Dapat dilihat pada Tabel 9.
Tabel
9. Sebaran Jumlah
dan Presentase Konsumen Berdasarkan Tingkat Status Pernikahan.
No
|
Status
Pernikahan
|
Jumlah
|
Presentase (%)
|
1.
|
Belum Menikah
|
32
|
64
|
2.
|
Menikah
|
18
|
36
|
Jumlah
|
50
|
100
|
Sebagian
besar konsumen yang ditemui memiliki status belum menikah yaitu 32 orang. Hal ini
berkaitan dengan usia konsumen yang mengisi sebagian besar berusia 17 hingga 23
tahun.
4. Pekerjaan Konsumen
Karakteristik
konsumen berdasarkan tingkat pekerjaan konsumen pada hasil penelitian ditemukan
bahwa pekerjaan konsumen lebih mengarah pada mayoritas para pekerja dan
pelajar, baik pelajar SMU maupun Perguruan Tinggi. Terlihat pada Tabel 11.
Tabel
11. Sebaran Jumlah
dan Presentase Konsumen Berdasarkan Tingkat Pekerjaan Konsumen.
No
|
Pekerjaan
|
Jumlah
|
Presentase
(100%)
|
1.
|
Pegawai/karyawan
|
23
|
46
|
2.
|
Wiraswasta
|
3
|
6
|
3.
|
Pelajar
|
19
|
38
|
4.
|
Lainnya
|
5
|
10
|
Jumlah
|
50
|
100
|
Dari data menunjukkan
bahwa pekerjaan konsumen yang sering datang ke Restoran Bebek Kaleyo adalah
para pekerja dan pelajar yang didalamnya termasuk siswa-siswi SMU dan para
mahasiswa Perguruan Tinggi .
5. Pengeluaran konsumen
Karakteristik
konsumen berdasarkan tingkat pengeluaran paling tinggi dari hasil sebaran
kuesioner dapat dilihat bahwa pengeluaran per bulan konsumen Rp 500.000 hingga
Rp 1.000.000, sebesar 23 Orang. Dapat dilihat pada Tabel 12.
Tabel 12. Sebaran Jumlah dan Presentase Konsumen
Berdasarkan Tingkat
Pengeluaran Per
Bulan.
NO.
|
Pengeluaran
(Rp)
|
Jumlah
|
Presentase
(%)
|
1
|
500.000,00 - 1.000.000,00
|
23
|
46
|
2
|
1.500.000,00 - 3.000.000,00
|
11
|
22
|
3
|
3.000.000,00 - 5.000.000,00
|
14
|
28
|
4
|
5.000.001,00 - 7.500.000,00
|
2
|
4
|
5
|
> Rp. 7.500.000,00
|
0
|
0
|
Jumlah
|
50
|
100
|
Terlihat
pada sebaran konsumen mengenai rata-rata pengeluaran para konsumen Restoran
Bebek Kaleyo sebanyak 23 konsumen memiliki rata-rata pengeluaran sebesar Rp
500.000 hingga Rp 1.000.000, sedangkan peringkat kedua yang umumnya banyak
menjadi pengeluaran konsumen berkisar Rp. 3.000.000 hingga Rp. 5.000.000.
2.3. analisa tingkat kepentingan dan kinerja restoran
Dihasilkan beberapa hal yang
mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen. Pada 50 konsumen yang diberikan
kuisioner, maka telah diperoleh hasil penilaiannya terhadap tingkat kepentingan
dari pelayanan restoran.
§ Tabel
Tingkat kinerja
yang tertera pada tabel diatas dapat diartikan bahwa bobot tingkat kinerja
konsumen terhadap atribut cukup beragam. Dari 17 atribut yang diperdalam dalam
penelitian terlihat rasa, kehalalan dan paket promosi merupakan atribut yang
sangat penting terhadap penilaian kinerja konsumen.
1. Rasa, Citarasa
makanan dan minuman merupakan salah satu variabel yang sifatnya vital dalam
komponen yang ada pada bisnis restoran. Ketidakmampuan dalam menjaga citarasa
dan ciri khas suatu sajian hidangan dapat sangat berpengaruh pada kepuasan
konsumen. Konsumen menganggap bahwa variabel ini sangat penting. Tingkat
kinerja yang dilakukan oleh restoran Bebek Kaleyo terhadap atribut rasa dinilai
baik oleh konsumen.
2. Kehalalan, Suatu produk
yang dijual harus dipertahankan oleh pihak restoran. Berdasarkan hasil penelitian dapat di ketahui bahwa kehalalan pad amakana
di restoranbebek kaleyo di anggap sangat penting oleh konsumenbegitupun dengan
kinerja yang di nilai baik oleh konsumen.
3. Paket Promosi, Salah satu cara
baik yang ditempuh oleh pihak restoran dengan cara menyajikan Paket Promosi
untuk menarik para konsumen. Dan terbukti cara ini pun dianggap penting bagi
para konsumen setelah 2 atribut diatas.
4. Keamanan dan kenyamanan restoran,konsumen
bebek kaleyo menilai bahwa variabel keamnan dan kenyamanantempat menjadi nilai
yang sangat penting terkait dengan faktor penunjang yang mungkin akakn menumbuh
selera makan mereka selain itu dengan kondisi restoran yang nyaman dan selalu
bersih akan membuat konsumen akakn menghabiskan waktu yang lebih lama.
5. Dekorasi ruang,penataan
ruang adalah bentuk bangunan,hiasan dinding,yang berada diruang tempat
makan.penataan ruangan ini menjadi salah satu hal para konsumen kembali ke
lestoran ini dan begitu betah makan di tempat ini.
6. Harga Produk, ada
paket produk yang bebek kaleo siapkan ada paket harga Rp 19.900.
Nasi,bebek,teh,sambal dan lalapan ini menarik konsumen untuk membeli paket
lengkap ini dengan harga yang tidak terlalu mahal.
7. Kecepatan pelayanan, kecepatan
pelayanan sangat bergantung dari kualitas restoran, karena sebagian besar
konsumen yang datang ke bebek kaleo datang dengan rasa lapar
Penjelasan
diatas merupakan faktor-faktor yang terpenting mengapa para konsumen memilih
makan di bebek kaleyo kalimalang dari pada tempat yang lain di sekitar tempat
tersebut terbikti dari 50 orang yg di mengisi kuisioner 30 orang keatas
atau 60 lebih
yang memilih atribuut di atas.
BAB III KESIMPULAN
Bebek kaleyo merupakan
salah satu kuliner yang di kenal luas oleh masyarakat jabodetabek dan mereka
merupakan salah satu restoran bebek yang paling ramai di indonesia. Kaleyo sendiri merupakan kependekan bahasa Jawa, "kalih" yang
artinya dua dan "ayo" yang berarti ajakan.seperti yang mereka
konfirmasikan pada kami bahwa dengan nama itu mereka Mengajak pelanggan untuk
tidak hanya membeli satu namun dua. Tidak hanya datang sekali namun dua kali.
Dan itu terbukti ampuh banyak pelanggan yg merasa tidak puas datang dua kali. Mereka datang
berkali-kali... belasan kali... puluhan kali... bahkan ada yg ratusan kali.
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan
dari penelitian ini, maka diperoleh kesimpulan bahwa :
1. Hasil analisis
karakteristik responden yang paling banyak berkunjung ke Restoran Bebek Kaleyo
adalah konsumen berjenis perempuan, usia sekitar
17-23 tahun, status pernikahan belum nikah, tingkat pendidikan yang sedang
dijalani maupun gelar terakhir ialah perguruan tinggi, jenis pekerjaan
responden yang paling banyak adalah pelajar, dan pengeluaran perbulan umumnya
para responden adalah Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000 perbulan. Dari hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwa target sasaran pihak Restoran Bebe Kaleyo
adalah para kaum muda dengan golongan menengah.
2. Faktor-faktor
yang terpenting mengapa para konsumen memilih makan di bebek kaleyo kalimalang
dari pada tempat yang lain di sekitar tempat tersebut terbikti dari 50 orang yg
di mengisi kuisioner 30 orang keatas atau 60 lebih yang memilih atribut di atas.seperti rasa, kehalalan ,paket
promosi, keamanan, dekorasi ruang, harga
produk dan kecepatan pelayanan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar